KKPI SMK PTN RIAU

Flashdisk (FD) sangat rentan terhadap serangan virus. Media yang paling sempurna untuk menyebarkan virus. Oleh karena itu berbagai cara dilakukan agar FD-nya tidak kemasukan virus. Mulai dari scan dulu pakai antivirus waktu dicolok di PC hingga pasang antivirus portable bisa dijalankan di FD. Dengan penanganan yang tepat, FD bisa aman dari virus. Berikut ini tips dan triknya.

Mematikan autorun "Artikel ini Plagiat dari http://icang69.blogspot.com" atau autoplay. Jika FD dicolok "Artikel ini Plagiat dari http://icang69.blogspot.com" maka PC secara otomatis akan menjalankan program sesuai script yang ada di file autorun.inf untuk mengeksekusi sebuah file misalnya boot.exe, setup.exe, pagefile.pif, bulubebek.ini, nadiasaphira.ini dll. Autorun bisa dimatikan melalui regedit.Tapi karena petunjuknya yang rumit dan beresiko "Artikel ini Plagiat dari http://icang69.blogspot.com" maka "Artikel ini Plagiat dari http://icang69.blogspot.com" kita pakai saja software TuneUp Utilities. Petunjuknya bisa dibaca disini. Seandainya autorunnya belum dimatikan secara permanen maka ada cara lain untuk mematikannya yaitu menekan tombol shift di keyboard sesaat setelah FD dicolok. Tekan agak lama sampai FD terbaca secara penuh oleh PC. Maka autorunnya tidak akan jalan.

Ubah seluruh tampilan icon folder dan file office di komputer dengan menggunakan sofware/program pengganti icon. Bila ada virus yang coba menggandakan diri pasti akan cepat diketahui. Jadi jangan coba-coba diklik.

Yang tidak kalah penting adalah manajemen berkas di FD. Buatlah sebuah folder di FD kemudian masukkan semua file di FD ke dalamnya. Pastikan ketika file FD dibuka "Artikel ini Plagiat dari http://icang69.blogspot.com" maka hanya folder itu yang terlihat. Jangan ada file "Artikel ini Plagiat dari http://icang69.blogspot.com" atau folder lain di sebelahnya. Jika ada file "Artikel ini Plagiat dari http://icang69.blogspot.com" atau folder lain yang terlihat dan "Artikel ini Plagiat dari http://icang69.blogspot.com" kamu tidak kenal "Artikel ini Plagiat dari http://icang69.blogspot.com" maka bisa dipastikan itu adalah virus. Hapus saja. Jadi hindari memasukkan data ke FD dengan cara klik kanan sebuah file kemudian send to FD. Sebaiknya copy filenya kemudian paste di dalam folder tersebut.

Pemberian nama folder tadi sebaiknya tidak panjang, mudah diingat dan tanpa spasi. Tapi nama folder lain yang ada di dalam folder tersebut boleh sembarangan, terserah "Artikel ini Plagiat dari http://icang69.blogspot.com" Anda. Pernah suatu hari isi FD jadi kosong melompong padahal isinya sangat banyak. Dilihat properties-nya, kapasitas dan isinya adalah nol (kasus lain ada "Artikel ini Plagiat dari http://icang69.blogspot.com" juga yang normal). Iseng-iseng kutulis nama salah satu foldernya di address bar pada Windows Eksplorer dan ternyata terbuka begitu "Artikel ini Plagiat dari http://icang69.blogspot.com" juga di Command Prompt. Ternyata ulah virus.

Selain cara pemberian nama seperti di atas ada "Artikel ini Plagiat dari http://icang69.blogspot.com" juga alternatif lain yaitu dengan nama yang sedikit rumit. Buatlah sebuah folder baru di FD. Saat mengetikkan nama tekan terus tombol Alt kemudian secara berurutan tekan tombol 2, 3 dan 4. Setelah itu lepas tombol Alt. Maka akan muncul simbol omega (Ω). Untuk karakter/simbol yang lain, ganti saja kombinasi angkanya. Kamu bisa kombinasikan antara simbol dengan huruf biasa. Khan cantik, kalau nama "Artikel ini Plagiat dari http://icang69.blogspot.com" kamu di sebelahnya ada gambar hati (♥cari sendiri) (-̮̮̃-̃)y(●̮•̃)?. Cara ini untuk mencegah virus menggandakan setiap folder dan dijadikan file exe atau scr. Karena karakter ini tidak bisa digandakan oleh virus. Cukup satu folder saja, tidak perlu sampai folder lain yang ada didalamnya diberi karakter khusus "Artikel ini Plagiat dari http://icang69.blogspot.com" juga.

Beberapa program (termasuk virus) tidak bisa dijalankan di dalam folder dengan karakter khusus ini. Misalnya tidak bisa membuka file zip atau mengekstrak file rar. Tapi masih bisa melakukan copy paste data "Artikel ini Plagiat dari http://icang69.blogspot.com" atau mengedit file office. Jangan khawatir ini aman.

Kalau "Artikel ini Plagiat dari http://icang69.blogspot.com" kamu biasa menjalankan program langsung dari FD seperti program portable sebaiknya jangan menyimpannya di folder dengan karakter khusus tadi. Sebaiknya disimpan di folder biasa. Jadi jika FD dibuka "Artikel ini Plagiat dari http://icang69.blogspot.com" maka akan terlihat dua folder yaitu yang memakai karakter khusus dan yang tidak.

Biasanya virus meyembunyikan file "Artikel ini Plagiat dari http://icang69.blogspot.com" atau folder. Untuk memunculkan dan menghapusnya "Artikel ini Plagiat dari http://icang69.blogspot.com" maka perlu sedikit mengetikkan perintah di command prompt. Tapi tidak semua ingat perintahnya. Oleh karena itu saya sudah membuat programnya yaitu Ba.bat versi 2. Program ini bisa disimpan di FD.

Salah satu trik agar virus tidak masuk yaitu dengan cara membuat file boneka "Artikel ini Plagiat dari http://icang69.blogspot.com" atau file bohongan dari autorun.inf kosong kemudian diberi attribute read-only. Dengan harapan virus tidak masuk karena menganggap file virusnya sudah ada di FD. Atau untuk memblokir virus yang ingin membuat file tersebut karena filenya tidak bisa ditimpa sebab memiliki attribut read-only. Tapi sayang cara ini kurang efektif karena persaingan antar virus itu sendiri. Maksudnya, program virus "Artikel ini Plagiat dari http://icang69.blogspot.com" juga memeriksa apakah file autorun.inf itu miliknya "Artikel ini Plagiat dari http://icang69.blogspot.com" atau bukan. Jika tidak, virus akan menggantinya dengan file miliknya sendiri biarpun file itu milik virus lain apa lagi milik yang punya FD.

Solusinya adalah dengan membuat file autorun.inf yang sangat sulit dihapus biarpun oleh virus "Artikel ini Plagiat dari http://icang69.blogspot.com" atau dihapus manual. Kita membuatnnya dengan menggunakan program USB disk security. Buka jendela utamanya kemudian klik ikon USB Tools. Setelah itu klik icon Acquire Immunity. Maka secara otomatis akan membuat folder dengan nama autorun.inf ke seluruh drive termasuk flashdisk. Untuk menghapusnya klik saja ikon Cancel Immunity.

Tak hanya terhadap flashdisk "Artikel ini Plagiat dari http://icang69.blogspot.com" tapi "Artikel ini Plagiat dari http://icang69.blogspot.com" juga tips dan trik ini bisa diterapkan di partisi hardisk. Makanya "Artikel ini Plagiat dari http://icang69.blogspot.com" kita pelu melakukan manajemen hardisk dengan baik dan benar.

Jadi, begitulah tips dan trik ampuh agar flashdisk (FD) aman dari virus. Semoga bermanfaat.
0 Responses

Posting Komentar